Tips Untuk Membeli AC Baru

Banyak sekali masyarakat Indonesia yang memasang AC di rumah mereka terutama bagi orang-orang yang memiliki rumah di wilayah perkotaan. Tidak hanya itu, karena AC juga dipasang di berbagai tempat seperti halnya gedung perkantoran, sekolahan, Aula, dan lain sebagainya. Jika ingin membeli AC baru, ada berbagai hal yang perlu diperhatikan dengan baik sehingga bisa mendapatkan AC terbaik.

Tips Sebelum Beli Ac Baru

Apabila terjadi kerusakan pada AC juga perlu untuk melakukan servis di jasa service AC atau hanya sekedar ingin melakukan perawatan atau pengecekan saja. Bagi yang akan memberi AC untuk rumah maupun untuk perkantoran, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Sesuaikan ukuran PK dengan luas ruangan

Bagi orang-orang yang ingin membeli AC, Salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah terkait dengan PK atau besaran tenaga yang dapat dihasilkan dari AC. Jika ingin menentukan besarnya PK yang diinginkan maka harus mengetahui luas ruangan yang menjadi lokasi peletakan AC itu. Hal ini penting untuk dilakukan supaya suhu dingin menyebar secara merata. Untuk mengetahui besaran PK yang sesuai dengan ukuran ruangan maka perlu mengetahui rumus untuk mencarinya.

  1. Memilih jenis AC yang sesuai

Pada dasarnya, ada berbagai jenis AC yang dapat dipilih sesuai keinginan maupun kebutuhan titik Beberapa jenis AC yang sering digunakan antara lain adalah AC Split, AC standing floor, atau AC cassette. Bagi yang ingin memasang AC di rumah maka disarankan untuk menggunakan AC Split dan cassette tergantung dengan ruangannya. Namun yang paling umum digunakan adalah AC Split.

  1. Perhatikan terkait tipe AC

Saat ini ada 3 tipe AC yaitu AC standar, AC low watt dan AC inverter. Secara mendasar, cara kerja dari tipe AC standar dan tipe AC low watt sama saja, tetapi pada tipe rendah daya, kerja dari kompresor lebih kecil sehingga lebih hemat. AC low watt sendiri sangat cocok untuk rumah yang memiliki kapasitas listrik kecil. Sementara untuk tipe AC inverter akan bekerja keras untuk bisa mendinginkan ruangan di tarikan pertama.

  1. Mencermati fitur penting pada AC

Tips selanjutnya yaitu memastikan bahwa fitur pada AC yang dibeli sesuai kebutuhan. Akan lebih baik jika membaca terkait dengan fitur faktor penting yang ada di pendingin ruangan terlebih dahulu seperti halnya fitur rendah konsumsi daya, mode otomatis, dan fitur terkini lainnya. Fitur tersebut harus digunakan sebaik mungkin karena percuma saja jika sudah dibeli tapi tidak dimanfaatkan. Nah, apabila sudah lama menggunakan AC tetapi ada kerusakan pada beberapa komponen atau fitur maka bisa memperbaikinya di jasa service AC profesional sehingga hasilnya memuaskan.

  1. Mengetahui kisaran jumlah orang pada ruangan

Tingkat dingin serta kinerja AC yang digunakan juga akan tergantung dengan jumlah orang yang ada di ruangan. Perlu diketahui bahwa ruangan yang memiliki jumlah orang terlalu banyak dan PK yang tidak mencukupi maka bisa membuat suhu AC tidak begitu dingin dan akan membuat bekerja lebih keras. Oleh karenanya, memilih PK dan AC juga harus sesuai dengan jumlah orang yang sekiranya menempati ruangan tersebut.

  1. Menggunakan fitur hemat listrik

Banyak orang yang membeli AC dengan menggunakan teknologi yang bisa memungkinkan daya listrik yang diambil tidak begitu besar sehingga bisa lebih menghemat daya. Banyak orang yang mempertimbangkan hal tersebut karena daya listrik adalah hal yang sangat penting. Saat ini, ada banyak pabrikan yang membekali produk AC dengan berbagai fitur, termasuk fitur hemat listrik. Jadi untuk mendapatkannya pun saat ini tidaklah sulit.

  1. Membeli AC yang bermerek

Saat ini ada banyak sekali merk AC yang ada di pasaran. Usahakan untuk memilih AC yang bermerek dan sudah terkenal karena akan lebih terjamin kualitasnya. Tidak perlu memikirkan harga yang mahal, karena harga pasti akan sesuai dengan kualitas. Namun alangkah baiknya untuk membaca review terkait dengan pemakaian AC suatu merek terlebih dahulu dari orang lain sehingga bisa punya gambaran terkait dengan AC yang nantinya akan digunakan.

  1. Memiliki desain yang sederhana

Perlu diketahui bahwa saat ini desain AC sangatlah beragam, sehingga banyak orang yang bingung untuk memilih desain AC yang seperti apa yang harus digunakan. Akan lebih baik jika memilih AC dengan desain yang sederhana karena aset dengan desain sederhana akan lebih mudah ketika membersihkan filter AC karena tidak perlu lagi repot-repot untuk melepas berbagai komponen yang ada.

Itulah beberapa tips untuk membeli AC yang berkualitas. Perlu diketahui bahwa bagi orang awam yang tidak memiliki pengetahuan seputar alat elektronik, khususnya AC, maka harus dibantu oleh orang-orang yang ahli. Sementara apabila terjadi kerusakan pada AC, maka bisa memperbaikinya di jasa service AC profesional.

Share Button