Tips Merawat AC Supaya Tetap Awet

Suhu udara di Indonesia yang cenderung hangat dan lembab membuat Banyak masyarakat menginstalasi Si Asep di rumah mereka. Adanya AC ini sangat membantu untuk mengurangi rasa panas atau gerah yang melekat. Meskipun AC seperti halnya pahlawan pendingin udara, tetapi apabila dinyalakan terus-menerus sepanjang hari bisa mempercepat umur AC karena dapat menyebabkan kerusakan pada mesin. Jika tidak ingin cepat rusak, maka harus dijaga dengan baik supaya awet dan tahan lama. Bagaimanapun juga, AC membutuhkan perhatian khusus sehingga Para pemilik AC harus mengetahui spesifikasi dari AC. Berikut ini merupakan beberapa tips untuk merawat AC di rumah sehingga bisa tetap awet digunakan.

Menggunakan Timer

Ketika menggunakan AC, usahakan untuk menggunakan fitur timer sehingga AC akan mati secara otomatis sesuai dengan waktu yang sudah diatur.  Oleh karena itu maka perlu untuk menyetel waktu AC sesuai kebutuhan. Perlu diketahui bahwa AC lebih baik dinyalakan tidak lebih dari 5 jam dalam sekali pemakaian. Setelah 5 jam pemakaian, usahakan untuk dibiarkan dingin terlebih dahulu mesinnya. Adanya fitur timer ini juga berfungsi supaya mesin AC tidak mudah rusak. Selain itu, jangan terlalu sering mengukur suhu AC kurang dari 22 derajat Celcius karena bisa membuat ASI cepat panas.

Membersihkan Kumparan AC

Kumparan AC penting untuk diperhatikan kebersihannya karena debu yang menempel jika tidak rutin dibersihkan maka akan terus menumpuk di bagian ini. Apalagi debu tersebut apabila sudah menumpuk di kumparan, ternyata bisa menyebabkan berkurangnya kemampuan AC untuk menyerap panas. Dengan demikian maka AC bisa kelebihan beban serta bisa menyebabkan korslet. Oleh karena itu penting untuk memeriksa kumparan secara rutin di setiap tahunnya dan harus dibersihkan.

Membersihkan Filter AC

Filter AC penting untuk dibersihkan secara rutin minimal 2 bulan sekali. Namun jika filter AC sudah terlalu kotor maka lebih baik menggantinya menggunakan filter yang baru. Debu yang menumpuk di filter juga bisa menghalangi aliran udara yang nantinya menyebabkan fungsi AC menjadi terganggu. Jika hal ini terjadi maka AC menjadi cepat rusak dan tidak berfungsi.

Memeriksa Thermostat

Thermostat atau pengatur suhu merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada AC. Untuk menjaga supaya tetap awet digunakan maka periksa selalu thermostat sehingga bisa memastikan bahwa AC masih bekerja dengan baik serta masih bisa mengatur temperatur ruang tetap stabil. Lebih baik mengatur thermostat menggunakan temperatur lebih tinggi saat rumah sedang tidak begitu banyak orang atau aktivitas. Dan apabila tidak ada orang dirumah maka diutamakan untuk mematikan AC sehingga tidak cepat rusak.

Mengecek Kipas

Usahakan untuk memeriksa kipas yang dipasang di atas unit kondensator pada bagian luar. Selain itu, pastikan pula bahwa kipas masih  pada kondisi yang baik. Jika perlu maka gantilah pisau kipas apabila ada yang pecah atau retak.

Melakukan Servis Secara Berkala

Lakukan pengecekan atau service AC secara berkala dengan menggunakan jasa layanan perbaikan AC untuk bisa memeriksa kelayakan dari AC yang digunakan. Perlu diketahui bahwa produsen AC secara umum akan menyediakan layanan perbaikan untuk bisa membantu setiap orang memperbaiki kerusakan kecil hingga kerusakan besar pada AC. Perlu diketahui bahwa melakukan servis AC secara berkala tidak hanya menghemat uang tetapi juga bisa membuat rumah menjadi lebih nyaman.

Lakukan Pengecekan Freon

Friend menjadi salah satu komponen yang terpenting pada AC. Jika terdapat kebocoran atau pengurangan pada freon maka bisa menyebabkan AC tidak berfungsi dengan baik karena kurang dingin. Oleh karena itu, Alangkah baiknya setiap enam bulan sekali adakan untuk melakukan pengecekan freon AC oleh teknisi. Jadi pengecekan ini tidak hanya pada bagian dalam AC saja, tetapi blower yang ada di luar gedung juga dibersihkan secara rutin sehingga sirkulasi udara menjadi segar.

Demikianlah beberapa tips untuk melakukan perawatan pada AC yang digunakan di rumah. Perlu diketahui bahwa ketika menggunakan barang-barang elektronik seperti halnya AC maka tidak boleh hanya menggunakan saja tetapi juga butuh dirawat. Oleh karena itu Ada banyak hal yang perlu diketahui terkait dengan AC ketika akan menginstalasinya di rumah.

Share Button