Tips Merawat AC Supaya Tetap Awet

Ada banyak orang Indonesia yang saat ini menggunakan AC di rumah mereka. Apalagi Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis yang memiliki cuaca hangat dan lembab. Oleh karena itu maka perlu untuk mengatur suhu ruangan supaya tetap sejuk dan terjaga. Untuk melakukan pengaturan suhu maka perlu menggunakan remote AC yang sudah tersedia pada paket penjualan saat membeli aset. Jika ingin mendapatkan suhu di ini yang maksimal maka perlu untuk memperhatikan beberapa hal dalam mengatur suhu AC menggunakan remote

Mengapa Mengatur Suhu AC Itu Penting?

  1. Hemat Energi

Perlu diketahui bahwa dengan mengatur suhu AC maka bisa lebih menghemat energi. Oleh karena itu suhu AC harus di-setting sedemikian rupa sehingga bisa menghemat energi listrik. Selain itu, penyesuaian suhu juga bisa membuat AC menjadi lebih awet dan tahan lama.

  1. Merasa nyaman

Kembali lagi kepada fungsi dari AC, yaitu mengatur suhu ruangan supaya sejuk dan sesuai dengan yang diinginkan. Banyak orang yang ingin mengatur suhu di yang paling dingin maksimal, tetapi tetap sesuai dengan suhu yang di inginkan. Oleh karena itu tidak boleh sembarang mengatur suhu AC karena hal ini juga akan sangat berpengaruh pada kenyamanan orang-orang saat beraktivitas di ruangan.

  1. AC menjadi lebih awet

Ternyata dengan melakukan setting suhu AC, bisa menyebabkan AC menjadi lebih awet dan tahan lama. Nyatanya, suhu AC tidak boleh diatur sembarangan atau diubah-ubah semaunya dalam waktu yang singkat. AC terdiri dari berbagai komponen yang sangat penting dan apabila suhu tidak diatur dengan baik maka ada beberapa komponen yang mudah rusak.

Berikut ini merupakan beberapa cara untuk mengatur suhu AC supaya bisa dingin maksimal.

  1. Menentukan suhu standar AC yang tepat

Cara pertama untuk mengatur suhu AC yaitu dengan menentukan suhu standar yang tepat untuk ruangan titik untuk menyesuaikannya maka bisa menyesuaikan suhu dengan kondisi suhu luar ruangan. Pada umumnya, suhu standar AC yaitu berkisar antara 22 sampai 25 derajat Celcius.

  1. Menurunkan suhu AC secara bertahap

Apabila dirasa suhu AC kurang begitu maksimal, maka hal yang bisa dilakukan adalah dengan menurunkan suhu AC secara bertahap hingga menemukan suhu yang tepat. Usahakan untuk menurunkan derajat lebih rendah sehingga bisa menemukan suhu yang tepat. Dengan cara ini maka akan bisa mendapatkan suhu dingin yang maksimal dan sesuai dengan suhu yang diinginkan.

  1. Pastikan AC dalam mode cool

Selain itu, pastikan juga bahwa AC ada pada mode cool. Perlu diketahui bahwa dengan mode ini maka bisa memungkinkan AC bekerja mendinginkan ruangan lebih maksimal daripada mode biasa. Biasanya mudah ini ditandai dengan suatu simbol freeze atau tulisan cool yang dapat membuat suhu di dalam ruangan lebih sejuk dalam waktu yang cepat. Jadi tidak perlu menunggu lama untuk bisa mendapatkan suhu yang dingin maksimal.

  1. Atur perputaran kipas menjadi lebih maksimal

Cara selanjutnya untuk mengatur suhu AC yaitu dengan memaksimalkan perputaran kipas AC. Perlu diketahui bahwa dengan melakukan pengaturan pada perputaran kipas AC di tingkat tertinggi maka dimungkinkan udara dingin bisa menjadi lebih cepat merata ke seluruh bagian ruangan. Namun juga harus memperhatikan terkait dengan arah semburan angin AC supaya tidak mengenai tubuh yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

  1. Menggunakan mode swing pada AC

Perlu diketahui bahwa pada unit indoor AC ada bagian gizi yang fungsinya yaitu untuk mengatur arah semburan angin AC. Bagi kamu yang ingin memaksimalkan suhu ruangan maka bisa dengan memanfaatkan komponen kisi AC ini yaitu dengan menggunakan mode swing pada remote AC. Perlu diketahui bahwa mode ini berguna untuk menggerakkan kisi AC turun dan naik secara terus-menerus, sehingga bisa menyebabkan hembusan angin AC merata dan suhu ruangan pun menjadi cepat sejuk atau dingin.

  1. Jangan Paksa AC bekerja lebih keras

Perlu diketahui bahwa salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan oleh para pengguna AC yaitu memaksakan perangkat menyentuh suhu yang sebenarnya tidak ideal saat kondisi cuaca sedang begitu panas. Misalnya yaitu suhu di siang hari yang begitu panas melebihi 30 derajat Celcius, tetapi harus memaksakan AC mengatur suhu di angka kisaran 18 derajat Celsius. Hal ini tentu akan membuat AC bekerja menjadi lebih keras, sementara suhu yang dapat diberikan sebenarnya tidak akan mencapai titik terendah itu. Alangkah baiknya ketika cuaca sedang panas, terutama saat siang hari, maka akan lebih baik tidak setting suhu ac di bawah 20 derajat Celsius. Jadi alangkah baiknya jika suhu di angka sekitar 24 hingga 25 derajat Celcius.

Itulah penjelasan terkait dengan cara untuk mengatur suhu AC supaya dingin maksimal. Bagi para pengguna AC maka penting untuk mengetahui hal ini karena merupakan informasi umum yang sangat dibutuhkan, apalagi AC menjadi salah satu alat elektronik yang dibutuhkan oleh banyak orang.

Share Button